Tuesday, February 27, 2018

3 Kata yang Sulit Diucapkan



Tolong, Terima Kasih, dan Maaf, 3 kata yang terlihat SANGAT sederhana tapi mempunyai makna yang sangat mendalam bagi yang mengucapkan ataupun yang mendengarnya.
Pada dasarnya itu hanyalah sebuah kata yang mungkin tidak begitu bermakna bagi setiap orang, karena alasan itu lah begitu sulitnya dan susah keluar dari mulut kita.
Padahal apabila kita kaji lebih jauh, 3 kata itu memiliki yang makna yang sangat mendalam.

1. Tolong
Tolong/to·long/ v bantu: minta -- , minta bantuan.
Tolong-menolong/to·long-me·no·long/ v saling menolong.

Manusia diciptakan sebagai makhluk sosial yang tidak bisa hidup tanpa bantuan orang lain. Lantas kenapa kata “Tolong” sangat sulit diucapkan? GENGSI/MALU, ya gengsi/malu, mungkin gengsi/malu adalah salah satu alasan kenapa banyak orang sulit mengucapkan kata ini, apalagi bagi orang-orang yang memiliki kedudukan sosial yang tinggi, yang menganggap semua hal bisa dilakukan sendiri tanpa bantuan orang lain.

Kita di didik untuk menjadi mandiri. 
Mandiri/man·di·ri/ a dalam keadaan dapat berdiri sendiri; tidak bergantung pada orang lain: sejak kecil ia sudah biasa -- sehingga bebas dari ketergantungan pada orang lain.
TAPI
bukan berarti kita tidak membutuhkan orang lain
KARENA

“Mandiri bukan berarti kita tidak membutuhkan orang lain,
Mandiri bukan berarti menjadi egois dan tidak pernah melibatkan orang lain.
Mandiri adalah sebuah proses penemuan jati diri – dan kata “Tolong” akan sangat dibutuhkan untuk menuju kemandirian.
Jika tidak – anda akan tersesat kepada keEGOISan semata.”

Kata “Tolong” ini bagi yang mengucapkan berfungsi menyadarkan diri sendiri, bahwa kita ini bukan makhluk yang sempurna, pasti memiliki keterbatasan dan kelemahan, dan kita tidak bisa melakukan sesuatu tanpa bantuan orang lain.

2. Terima Kasih
Terima Kasih/te·ri·ma ka·sih/ n rasa syukur;

Kata ini adalah kata yang mungkin jarang digunakan saat kita menerima bantuan dari orang lain.

Kata ini juga dapat menunjukan bahwa kita “Menghargai” orang lain yang telah berbuat baik kepada kita, dan menjauhi sifat sombong dan acuh tak acuh.

Tidak perlu banyak persyaratan untuk mengucapkan kata ini , kita hanya membutuhkan tatapan mata yang hangat dan tulus, sehingga kata ini bisa masuk kedalam hati orang yang kita beri ucapan ini, dan dia merasa bahwa kata ini begitu enak didengar dan diucapkan, sehingga dia melanjutkan ucapan kata ini kepada orang lain, dengan tatapan hangat pula, begitu seterusnya. Bagaimana indah bukan? membayangkan kata ini mulai bangkit lagi dari diri kita!.

3. Maaf
Maaf/ma·af/ n 1 pembebasan seseorang dari hukuman (tuntutan, denda, dan sebagainya) karena suatu kesalahan; ampun: minta --; 2 ungkapan permintaan ampun atau penyesalan: -- , saya datang terlambat; 3 ungkapan permintaan izin untuk melakukan sesuatu: -- , bolehkah saya bertanya;

Mungkin sebagian orang merasa alergi untuk mengucapkan kata ini, karena adanya anggapan bahwa maaf itu lemah, maaf itu kalah, maaf itu salah, dan anggapan seperti itu 99% salah.

Ada quote yang sangat indah

“Ketika aku minta maaf
bukan berarti aku salah
Hanya saja aku lebih menghargai hubungan kita
LEBIH DARI keegoisanku”

Kata ini dapat memunculkan sifat rendah hati, “Maaf” membuat kita bisa menerima keadaan diri kita sebagai seorang manusa biasa yang tidak mungkin luput dari yang namannya salah.

Dan ketiga kata itu juga biasa disebut dengan kata SAKTI, karena susah diucapkan tapi memiliki makna yang mendalam.

Nah tunggu apalagi, ayo kita populerkan budaya yang sangat baik ini.

Source

--- SEKIAN, TERIMA KASIH, SEMOGA BERMANFAAT ---

0 Komentar:

Post a Comment

Visitor

Contact Me

Labels

Naruto (47) Music (45) Info (44) Games (23) Tips n Trick (17) Other (16) Software (16) Karaoke (13) Life (13) Hijrah (4) Ibadah (4) Iklan (4) Hidayah (3) Istiqomah (3) Kehidupan (2) Akhirat (1) Dakwah (1) Fasik (1) Lisan (1) Munafik (1) Ukhuwah (1) Ulama (1) Ustadz (1) Yakin (1)

Followers

Powered by Blogger.