Posted by : Dewan Ma'ruf Sunday, November 4, 2012

Postingan yang telah kita buat, blog yang sudah kita kelola akan terindex oleh search engine, semisal google. Jadi tidak kaget ketika orang bisa menemukan blog kita di search engine ketika mencari suatu keyword di Google yang kebetulan atau memang sengaja kita usahakan sehingga orang menemukan blog kita. Itulah terindeks, jadi blog kita telah dibaca oleh Google search engine, secara rutin Google search engine menjelajahi (crawl) blog kita.

Menjadi blog yang cepat diindeks oleh Google search engine sehingga bisa mendapatkan posisi yang bagus di halaman hasil pencarian di google (search engine result page/SERP) adalah keinginan sebagain blogger. Bahkan ada blogger yang jadi malas untuk ngeblog karena blognya tidak terindeks oleh search engine, walau pencarian di google itu menggunakan URL-nya sebagai keyword. Kenapa blog bisa sampai tidak terindex, mungkin lain kali dibahas tersendiri, karena kali ini Belajar Ngeblog di BLOG ingin berbagi tipsnya terlebih dahulu.



Hampir 50 persen lebih pengunjung blog kita adalah berasal dari search engine. Untuk itu, kita harus bisa mengoptimalkannya, bagaimana yang 50 persen itu tetap bertahan atau kalau mungkin lebih, sehingga lebih banyak lagi traffic yang dihasilkan dari searh engine. Untuk itu, blog kita harus senantiasa terindex search engine dan usahakan lebih cepat terindex agar mendapat posisi terbaik. Berikut adalah tips supaya blog cepat terindex oleh Google search engine:

1. Daftarkan Sitemap Blog ke Google Agar Cepat Terindeks
Selain blog kita daftakan (submit) di google, daftarkan juga sitemapnya. Seperti yang pernah ditulis, Sitemap adalah peta situs yang digunakan sebagai sumber informasi bagi search engine. Bukan sitemap yang berupa daftar isi.

Blogger.com sendiri telah menambahkan Sitemap XML. Fungsi dari sitemap adalah untuk memberikan informasi kepada search engine mengenai seluruh halaman dan konten yang ada dalam sebuah blog. Karena akan sangat mungkin search engine luput mengindeks beberapa halaman karena tidak ada link yang diikuti. Bagaimana cara mendaftarkan sitemap blog ke google? Kita bisa membacanya di sini.

2. Cepat Terindeks dengan Sosial Media atau Sosial Bookmark
Salah satu cara supaya halaman-halaman post blog kita cepat terindeks adalah dengan memanfaatkan sosial media. Jangan ragu-ragu untuk membagikan (share) tulisan yang telah kita buat ke sosial media seperti twitter, facebook, google+ dan sebagainya. Bisa juga kita submit post terbaru ke sosial bookmark, kalau yang lokal semisal lintas.me.

Manfaatnya rajin membagi halaman baru blog kita ke sosial media atau sosial bookmark selain bisa blog kita terbaca oleh search engine juga bisa mendatangkan traffic dari sosial media atau bookmark tersebut. Teman bisa datang berkunjung ke blog kita.

3. Bangun Link yang Berkualitas Supaya Segera Terindex Google
Bagaimana cara membangun link yang berkualitas? Cara sederhananya seperti ini:
a. Link yang mengarah ke blog kita berasal dari blog yang page ranknya lebih tinggi
b. Link yang mengarah ke blog kita lebih banyak dari pada link yang kita arahkan ke luar

Supaya blog kita segera terindeks oleh Google search engine kita harus membangun link yang mengarah ke halaman post bukan hanya mencari link mengarah ke homepage atau halaman utama blog saja. Ini akan lebih baik, jika link itu berasal dari blog atau web yang linknya dofollow dan relevan dengan halaman post. Membangun link atau backlink bisa diperoleh dengan rajin berkomentar yang cerdas, buka hanya sekedar meninggalkan link pada blog yang seperti di atas.

4. Internal Link Membantu Blog Cepat Terindeks
Seorang blogger biasanya memiliki tulisan yang sejenis, kita bisa memberikan link post yang dibuat ke halaman post yang sejenis atau ada hubungannya. Inilah yang dimaksud link internal, yaitu link yang mengarah ke halaman post lain yang masih ada di blog kita.

Bukan hanya tentang membangun external backlink yaitu link web atau blog lain yang mengarah ke blog kita. Tetapi juga sangat penting membangun link dalam blog kita (internal linking) yang akan mengingatkan search engine tentang kehadiran konten baru pada blog kita.

5. Update Blog Secara Teratur Mempercepat Terindeks Google
Bagaimana mau diindeks jika blog kita tidak ada halaman post yang baru? Usahakan untuk rutin mengupdate blog kita dengan tulisan (konten) yang berkulitas dan baru. Jika konten di blog kita tetap saja tidak ada perubahan dari minggu ke minggu atau ke bulan search engine tidak akan mengunjungi dan membaca (crawl) blog kita.

Dalam mengupdate blog sesuaikan dengan kemampuan kita, minimal seminggu sekali. Blog juga harus diupdate dengan konten yang orisinil. Dengan begitu spider search engine akan rutin membaca blog kita. Selain itu, membaca setia yang sudah berlangganan blog kita akan selalu terpuaskan.

Itulah tips agar halaman post di blog kita cepat terindeks oleh search engine. Apa saja? Submit sitemap blog, rajin share link post ke sosial media atau sosial bookmark, membangun link eksternal dan internal, dan yang terakhir rajin mengupdate blog./


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Tips n Trick - Shingeki no Kyojin - Original Template Devil Survivor 2 - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan - Redesign by De_one -